Kecemasan Terhadap Corona Virus (COVID-19)

Mengatasi Kecemasan Terhadap Virus Corona

Anda tidak akan pernah menjadi manusia jika Anda tidak mengalami kekhawatiran tentang Virus Corona atau disebut dengan Covid-19. Ada banyak alasan mengapa kecemasan mengenai penyakit ini menyebar ke seluruh pelosok dunia dan penyebab utama dari ini adalah kurangnya informasi mengenai penyakit ini.

Untuk menghentikan kecemasan ketika situasi seperti ini terjadi, seseorang dapat menerapkan beberapa langkah yang tepat untuk membuat hidup melalui masa-masa epidemi ini menjadi hari-hari yang lebih mudah.

Kita semua umat manusia bersama-sama dalam situasi dan selama waktu ini tetapi untuk menjaga ketenangan pikiran, hal hal di bawah ini mungkin akan bermanfaat:

Pengetahuan adalah Segalanya

Dengarkan sumber berita terpercaya dan ikuti saran dari pemerintahan setempat mengenai langkah-langkah untuk menjaga kesehatan Anda. Anda harus tetap berhati-hati dalam mendengarkan berita atau postingan jejaring sosial karena sering ada juga kabar yang tidak valid menyebar yang dapat menambah kecemasan kita.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anda

Makanlah makanan sehat dan jauhi diet junk food. Makan makanan kaya protein seperti (daging unggas, ikan, susu), sayuran segar dan buah segar. Jika perlu konsumsi juga suplemen penambah daya tahan tubuh terutama bagi orang yang harus tetap melakukan aktifitas untuk menafkahi keluarga atau kebutuhan lainnya di dalam wabah sekarang ini.

Olah Raga

Jauhi kecemasan dan terus bergerak menghirup udara segar dan sinar matahari yang cukup, kurangi mendatangi kerumunan orang. Ini akan meningkatkan endorfin, meningkatkan Serotonin (hormon yang di percaya pembawa perasaan tenang dan nyaman) di otak dan meningkatkan semangat Anda. Ini juga akan menenangkan pikiran yang terlalu aktif.

Logika dan Akal Sehat

Menjadi berhati-hati itu baik dan khususnya dalam hal corona virus ini. Saya sarankan Anda menerapkan lebih banyak berhati-hati selama waktu ini tetapi tidak percaya bahwa kekhawatiran dan ketakutan mengerumuni Anda dengan baik. Luangkan waktu di siang hari dan ingatkan diri Anda bahwa Anda melakukan semua yang perlu dan kekhawatiran cemas tidak akan banyak membantu Anda menjalani hari-hari.

Waspada Terhadap Orang Lain

Bukan arti kata menjauhi orang lain, namun Anda wajar dalam berhati-hati selama masih dalam bayang bayang virus ini karena kita tidak pernah atau seseorang yang kontak dengan kita itu terjangkit atau aman dari virus corona. Solusinya adalah jaga jarak Anda ketika berinteraksi dengan orang lain karena hal ini dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Hobi dan Kegiatan yang Menenangkan

Tenangkan pikiran Anda melalui apa pun yang menarik untuk Anda dan membawa Anda keluar dari mode panik dan rasa khawatir. Melakukan hobi adalah salah satunya, hal ini dapat membawa pikiran dan perasaan yang positif.

Buat Pilihan Cerdas

Gunakan pikiran logis Anda untuk memilih kegiatan yang masuk akal bagi Anda. Makan malam dengan lebih sedikit teman atau keluarga, menonton film, menunda acara yang mungkin berisiko mungkin menjadi pilihan terbaik saat ini.

Menenangkan Diri Sendiri

Setelah Anda belajar menenangkan dan membuat nyaman diri Anda sendiri, adrenalin mulai mereda. Kita adalah apa yang kita pikirkan dan menjadi logis dan hati-hati pada saat yang sama adalah cara terbaik untuk menenangkan diri. Jika kepanikan mengganggu hidup Anda, karena penumpukan pikiran yang menakutkan, lepaskan, sementara Anda mengatakan pada diri sendiri kebenaran dari situasinya. Fakta penting dan itu adalah kekuatan Anda melawan kecemasan dan kepanikan yang tidak perlu.

Tetap Fokus dengan Kepala Dingin

Ini adalah tempat teraman dari semuanya. Ya, rencanakan semua hal di masa depan tetapi tetap Anda harus menghilangkan pikiran "bagaimana jika". Bahkan, ubah "bagaimana jika" menjadi "jadi apa." Tidak ada yang hanya hitam atau putih di alam. Selalu ada area abu-abu. Beristirahatlah dengan membaca, mendengarkan musik atau menonton berita sebelum tidur. Semua orang perlu istirahat dari pada memikirkan situasi secara berlebihan, terutama jika mendapatkan istirahat malam yang cukup adalah pertahanan terbaik Anda terhadap pikiran dan tubuh yang terlalu cemas.

Berkomunikasi

Tetap berhubungan dengan teman dan keluarga yang baik. Bahkan jika Anda tidak bisa bersama, selalu ada cara online untuk terhubung, melalui obrolan atau interaksi tatap muka. Membuat yang terbaik dari situasi yang sulit membutuhkan sedikit kecerdikan tetapi membantu menjaga agar bahan kimia stres tidak terlepas dan menghasilkan pikiran dan tubuh yang lebih tenang.

Yang terpenting adalah ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Tidak ada yang Anda alami berbeda atau tidak biasa dari orang lain. Diskusikan perasaan Anda dengan teman dan keluarga dan Anda akan terkejut betapa miripnya perasaan Anda dengan mereka. Waktu menangani banyak dari peristiwa ini dan belajar melewatinya dengan cara yang paling tenang adalah untuk keuntungan Anda. Berpikir dengan kepala dingin, makan dengan benar, beristirahat ketika lelah dan menjaga perspektif yang tepat pada situasi adalah senjata terbesar Anda melawan kecemasan dan stres di masa-masa ini

No comments:

Post a Comment